Pemda Lanny Jaya Melakukan Study Banding ke Boven Digoel untuk Mempersiapkan Diri Menjadi “Pemenang”

Pemda Lanny Jaya terus mempersiapkan diri menjadi pemenang sebagai Kabupaten berprestasi di bidang pendidikan. Langkah awal yang diambil adalah menambah wawasan dan referensi dengan berkunjung ke Kabupaten/Kota lain atas prestasi pendidikan yang telah dicapai. Setelah melakukan study banding ke empat (4) SD Harmoni Hijau di Singkawang, Pemda Lanny Jaya berinisiatif untuk study banding ke SMK Wira Usaha dan Koperasi Nonggup di Boven Digoel yang merupakan dampingan Wahana Visi Indonesia (WVI) kantor operasional Boven Digoel.

Selama satu hari penuh, rombongan Pemda Lanny Jaya berkunjung ke SMK Wira Usaha dan Koperasi Nonggup di Ogenetan. SMK Wira Usaha memiliki jurusan pertanian, elektro, dan bangunan. Siswa belajar langsung di lapangan atau laboratorium praktek, kemudian diberi kesempatan untuk magang di perusahaan. Siswa diajarkan leadership, menagement, dan entrepreneurship. Melihat hal-hal positif yang sudah SMK Wira Usaha laksanakan, Sekda mengaku akan meniru dan mengaplikasikannya di SMA yang ada di Lanny Jaya. “SMK memang belum ada di Lanny Jaya. Tetapi, kita akan membuatnnya di SMA. Siswa SMA nanti akan memiliki kegiatan ekstrakulikuler untuk peningkatan life skill seperti kegiatan pertanian, peternakan, dan wira usaha,” ungkap Chriss Sohilait selaku Sekretaris Daerah Kab. Lanny Jaya.

Setelah berkunjung ke SMK, Rombongan Pemda lanjut berkunjung ke Desa Ogenetan untuk study banding melihat Koperasi Nonggup. Ketua koperasi mengaku koperasi ini berdiri berdasarkan nilai budaya kebersamaan yang ada di masyarakat Desa Ogenetan. Koperasi ini juga tidak dengan mudah terbentuk dan berjalan mulus. Masalah demi masalah yang membuat koperasi ini jatuh bangun pernah dirasakan. Tetapi, nilai budaya kebersamaan itulah yang menyebabkan koperasi ini tetap terus maju dan semakin berkembang sampai sekarang. Nilai-nilai budaya seperti inilah yang nantinya ingin Pemda bersama Wahana Visi Indonesia (WVI) kantor operasional Lanny Jaya cari tau seperti apa di Lanny Jaya. Kemudian, nilai tersebut akan diterapkan sebagai karakter yang akan diajarkan kepada siswa-siswi di tiga (3) SD yang akan Pemda bersama WVI intervensi. Tiga SD intervensi ini akan menjadi model sekolah harmoni hijau di Kabupaten Lanny Jaya seperti Dinas Pendidikan Singkawang telah terapkan.

Image

Image

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s